Surabaya, Tagarsurabaya.com – 23 Mahasiswa Universitas Wijaya Putra surabaya yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya diminta menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan sekitar saat pelaksanaan kegiatan KKN (03/07/2022).

Seiring dengan meningkatnya populasi masyarakat dan pertumbuhan ekonomi maka akan berdampak pada masalah penumpukan sampah. Seperti yang terjadi di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), yang sempat ditutup karena kapasitasnya sudah hampir penuh dan sering mengalami kendala operasional sehingga terjadi penghentian pelayanan.

Kegiatan Pembuatan Eco Enzyme di Kelurahan Jambangan

Alasan inilah yang mendorong mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Wijaya Putra Surabaya (UWP) menyelenggarakan sosialisasi bertajuk “ Pengolahan Sampah dan Pembuatan Eco Enzyme” kepada masyarakat Kelurahan Jambangan, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya, tepatnya bertempat di RT 07 RW 03 pada hari Minggu (03-07-2022).

Selain agar masyarakat dapat mengelola sampah dengan tepat, sosialisasi ini dilaksanakan dalam rangka membantu percepatan dalam mewujudkan program Pemerintah Daerah Jambangan yakni Jambangan Bebas Sampah.

Ferdi selaku ketua KKN K2-02 UWP sekaligus koordinator menjelaskan tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan untuk tetap sehat dan bersih, salah satunya dengan cara melakukan pengolahan sampah organik menjadi eco enzyme serbaguna.

Eco enzyme merupakan cairan serbaguna yang dibuat melalui proses fermentasi sampah organik selama tiga bulan. Adapun bahan untuk membuatnya antara lain gula aren atau gula jawa, sisa sayuran, buah-buahan, dan air. Hasil dari pembuatan eco enzyme adalah cairan serbaguna yang dapat digunakan untuk pupuk alami, pestisida alami, menjernihkan sungai atau kolam, serta cairan pembersih rumah.

Kebersihan lingkungan dan sampah menjadi salah satu faktor dari kesehatan masyarakat. Kami berharap dengan adanya penyuluhan ini dapat mengubah pola pikir masyarakat dalam menjaga kesehatan, dan yang penting masyarakat bisa mengelola sampah yang berasal dari lingkungan rumah tangga. Harapannya, dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat,” ujar Ferdi.

Mahasiswa KKN UWP K2-02 berharap agar ke depannya pengelolaan sampah organik menjadi eco enzyme dapat bermanfaat bagi masyarakat Jambangan. Selain itu, masyarakat yang kurang sadar dan paham dalam menjaga kesehatan maupun kebersihan lingkungannya jadi tahu pentingnya kebersihan diri sendiri dan lingkungan sekitar.

By fey

2 thoughts on “KKN Univ. Wijaya Putra 2022, Mahasiswa ciptakan cairan ajaib..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *