Tagarsurabaya.com – Kolesterol tinggi yang tidak diobati bisa memicu penyakit jantung. Ini makanan penurun kolesterol tinggi.  Kadar kolesterol jahat alias Low Density Lipoprotein (LDL) dalam tubuh harus dijaga tetap rendah. 

Sebab, kadar kolesterol jahat yang tinggi bisa memicu berbagai masalah kesehatan seperti penyakit jantung. Untuk Anda yang terlanjur menderita kolesterol tinggi sebaiknya mulai merubah gaya hidup serta menjaga pola makan.  Diet dan gaya hidup sehat bisa membantu menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. 

Berikut makanan yang efektif menurunkan kolesterol jahat: 

Oat 

Oat – Merdeka.com

Mengutip dari Harvard Health Publishing, Oat mengandung serat larut yang berperan untuk mengelola dan menurunkan kadar kolesterol.  Anda sebaiknya mengonsumsi oat saat sarapan. Anda bisa menambahkan buah-buahan untuk menambah rasa. 

Barley dan biji-bijian utuh 

Barley – Pabrik Tepung Tapioka (8/7)

Seperti gandum dan dedak gandum, biji-bijian bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung.  Sebab, makanan tersebut mengandung serat larut. 

Kacang 

Kacang – Klikdokter

Hasil beberapa penelitian menunjukkan bahwa makan kacang almond, walnut, kacang tanah, dan kacang-kacangan lainnya baik untuk kesehatan jantung.  Makan 2 ons kacang sehari bisa menurunkan kolesterol jahat sekitar 5%.  Kandungan nutrisi kacang juga baik untuk menjaga kesehatan jantung. 

Terong dan okra 

Terong

Kedua sayuran ini rendah kalori dan menjadi sumber serat larut yang baik. 

Minyak nabati 

Minyak Nabati

Menggunakan minyak nabati seperti canola, bunga matahari, safflower dan lainnya untuk menggoreng makanan efektif membantu menurunkan kolesterol tinggi. 

By fey

One thought on “6 Makanan Penurun Kolestrol, Silahkan dan wajib dicoba..”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *