Tagarsurabaya.com – Setelah bergulat dengan aneka hidangan serba daging saat Idul Adha, tanda-tanda kolesterol naik mulai terasa.
Waspadalah jika tanda-tanda kolesterol mulai muncul, perhatikan asupan makan siang Anda. Salah pilih makan siang bisa membuat kolesterol bakal tambah naik.

Tapi tenang, ada beberapa jenis minuman yang bisa membantu Anda untuk menurunkan kolesterol. Minuman ini bisa Anda nikmati usai makan siang.

Minuman untuk menurunkan kolesterol:

Teh Hijau

Teh Hijau (8/7).

Teh hijau bukan cuma minuman buat menurunkan berat badan. Lebih dari itu, teh hijau juga bisa mengandung katekin dan senyawa katekin dan senyawa antioksidan lainnya yang bisa membantu menurunkan LDL jahat dan kadar kolesterol total.

Di sebuah studi tahun 2015, para ilmuwan memberi tikus air minum yang diresapi dengan katekin dan epigallocatechin gallate, antioksidan bermanfaat lainnya dalam teh hijau. Setelah 56 hari, para ilmuwan melihat kadar kolesterol dan LDL “buruk” telah berkurang sekitar 14,4% dan 30,4% pada dua kelompok tikus yang diberi diet tinggi kolesterol. Namun, penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan untuk menyelidiki ini lebih lanjut.

Susu Kedelai

Susu Kedelai (8/7).

Mengutip Medical News Today, kalau masih punya cukup ruang buat minum susu usai makan siang, susu kedelai jadi pilihan sempurna buat jadi minuman penurun kolesterol.

Mengganti krim atau produk susu tinggi lemak dengan susu kedelai atau krimer bisa mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh.

Jus Tomat

Buah tomat mengandung senyawa aktif yang disebut likopen. Likopen akan meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa mengolah tomat menjadi jus meningkatkan kandungan likopennya.

Jus Jeruk

Menurut Lauren Manaker penulis The First Time Mom’s Pregnancy Cookbook and Fueling Male Fertility, salah satu minuman terbaik yang Anda miliki untuk membantu Anda menurunkan kolesterol adalah jus jeruk 100 persen alias jus jeruk murni.

Jus jeruk tanpa tambahan gula adalah minuman yang baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan dan dapat memberikan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda.

“100 persen jus jeruk adalah minuman manis alami yang bebas lemak dan sodium, dan sarat dengan vitamin dan mineral,” kata Manaker dikutip dari Eat This not That.

Tak hanya itu, menurut Manaker, minuman ini juga bisa membantu mereka yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

“Data telah menunjukkan bahwa minum jus jeruk 100 persen terkait dengan pengurangan kolesterol total, serta kolesterol LDL,” kata Manaker.

“Plus, minuman ini juga dapat meningkatkan kolesterol HDL ‘baik’ juga.”

Jus jeruk adalah salah satu minuman untuk menurunkan kadar kolesterol.

Teh Jahe

Jahe telah digunakan secara medis selama berabad-abad untuk mengobati masalah kesehatan seperti mual dan diare. Studi awal juga menunjukkan bahwa itu juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah aterosklerosis, menurut University of Maryland Medical Center, yang merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 4g jahe setiap hari.

Mengutip Livestrong, teh jahe jadi minuman untuk menurunkan kolesterol.

By fey

One thought on “Resep Turunin Kolesterol Tanpa Obat, Hanya dengan minum”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *