Tagarsurabaya.com – Peneliti menemukan bahwa minum kopi dua cangkir dalam sehari bisa membangkitkan gairah seksual pada pria dewasa. Ini penjelasannya.

Kandungan kafein pada kopi memiliki stimulan yang mampu meningkatkan energi serta memperlancar aliran darah. Manfaat inilah yang kemudian mampu membangkitkan gairah seksual.

Lantas berada banyak kopi yang harus dikonsumsi agar mendapatkan manfaat tersebut. Hal ini diungkap oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas.

Melansir dari Independent.co.uk para peneliti menemukan bahwa pria yang minum dua cangkir kopi dalam sehari 42% lebih kecil kemungkinan mengalami disfungsi ereksi dibandingkan pria yang tidak minum kopi.

Dalam jurnal sains Amerika Plos One, para ilmuwan mempelajari 4.000 pria yang konsumsi minuman berkafein termasuk kopi, teh, minuman bersoda dan minuman olahraga menemukan hasilnya sama.

Terlepas dari berat badan usia dan tekanan darah mereka. Karenanya para ilmuwan percaya bahwa itu terjadi karena kafein memicu reaksi kimia yang meningkatkan aliran darah ke penis dan mengendurkan otot.

Namun, perlu diperhatikan bahwa dua cangkir adalah batasannya. Sebab para peneliti juga menemukan hasilnya sedikit menurun menjadi 39% untuk pria yang minum tiga cangkir sehari.

Lebih lanjut, peneliti juga menjelaskan bahwa ini tidak berpengaruh pada pria yang sudah menderita diabates. Hal ini disampaikan oleh Prof David Lopez, dari University of Texas, Houston.

“Meskipun kami melihat penurunan prevalensi disfungsi ereksi pada pria yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan dan hipertensi, itu tidak berlaku untuk pria dengan diabetes,” tuturnya.

Penelitian sebelumnya juga menemukan bahwa kafein dapat meningkatkan gairah seksual pada wanita. Hal ini dibuktikan lewat eksperimen pada tikus betina oleh Southwestern University di Texas tahun 2006.

Para ilmuwan menemukan bahwa minum kopi merangsang bagian otak yang memberi sinyal gairah seksual. Namun, efek ini mungkin hanya terlihat pada wanita yang tidak berlebihan dalam minum kopi.

Terlalu banyak minum kopi justru berdampak buruk pada kesehatan. Mulai dari menyebabkan kegelisahan, tremor, insomnia hingga sakit perut.

By fey

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *