Tagarsurabaya.com- Mo Salah ukir sejarah fantastis usai membawa Liverpool bantai Manchester United 7-0 dalam partai Liga Inggris 2022-2023.

Hasil akhir duel Liverpool vs Manchester United dalam pertandingan pekan ke-26 Liga Inggris di Stadion Anfield, Minggu (5/3/2023), begitu mencengangkan.

Mengutip dari situs resmi Premier League, Liverpool memang lebih mendominasi laga.

The Reds memimpin penguasaan bola dengan 60,2 persen.

Dari segi peluang, pasukan Juergen Klopp memiliki 18 yang 8 di antaranya mengarah tepat sasaran.

Adapun Manchester United mempunyai 8 kesempatan dengan 4 menuju ke gawang.

Menekan sejak awal pertandingan, Liverpool justru yang lebih dulu menerima ancaman serius dari Manchester United.

Jalannya Pertandingan

Babak Pertama

Liverpool langsung berusaha menekan pertahanan Manchester United. Peluang langsung tecipta pada menit ketiga. Harvey Elliott mendapat peluang menembak dari dalam kotak penalti. Namun bola masih bisa diblok oleh Raphael Varane.

United kemudian bisa mendapat peluang untuk bisa menyerang balik Liverpool. Pada menit kesembilan, Antony memotong masuk ke tengah depan kotak penalti dari kanan dan melepas tembakan melengkung ke sisi kanan gawang The Reds. Tapi bola masih bisa diblok Alisson.

Menit ke-21 Liverpool melancarkan serangan dari kanan. Bola kemudian berakhir di sisi kiri dalam penguasaan Robertson. Ia mengecoh Dalot dan kemudian melepas tembakan dengan kaki kanannya. Namun bola masih bisa diblok. Beberapa saat kemudian Robertson mengirim umpan silang ke tengah kotak penalti pada Nunez, namun Martinez bisa menghalau umpan tersebut.

Menit ke-26 peluang apik didapat oleh MU. Dalot melepas umpan silang dari kanan ke tiang jauh. Di sana sudah ada Bruno Fernandez yang berdiri bebas untuk menanduk bola. Namun bola melebar ke sisi kiri gawang Liverpool.

Tak sampai semenit kemudian MU mendapat peluang lagi. Shaw mengirim umpan panjang ke depan kotak penalti dan mengarah tepat pada Rashford. Ia memutuskan untuk melepas tembakan first time. Sayang bola sentuhannya tak sempurna dan bola yang melaju lemah bisa dihentikan Alisson dengan mudah.

Menit ke-33 peluang didapat MU lagi. Kali ini dari tandukan Dalot, memanfaatkan umpan free kick dari sisi sayap kiri. Namun bola mengarah tepat ke Alisson.

Menit ke-41, gol akhirnya tercipta. Casemiro menjebol gawang Liverpool dengan tandukannya, memanfaatkan umpan tendangan bebas Bruno Fernandes dari sisi kiri. Namun gol itu tak disahkan karena pemain Brasil tersebut lebih dahulu berada dalam posisi offside.

Menit ke-43, gol akhirnya benar-benar tercipta. Robertson melepas umpan terobosan kepada Gakpo di halfspace kiri. Ia mengecoh Varane di kotak penalti dan kemudian melepas tembakan ke pojok kiri bawah gawang Man United. 1-0!

Gol tersebut jadi penutup laga babak pertama. Liverpool 1-0 Manchester United.

Babak Kedua

Di babak kedua Liverpool kembali berusaha menekan sejak awal. Usaha mereka langsung membuahkan pada menit ke-47.

MU kehilangan bola di tengah dan tak bisa menghalaunya saat sudah masuk di kotak penalti. Bola kemudian berakhir di kaki Harvey Elliott. Alih-alih menendang langsung ia mengirim umpan ke tengah kotak penalti dan peluang itu langsung dimaksimalkan oleh Nunez dengan tandukannya. 2-0!

Menit ke-50 Liverpool melancarkan serangan balik. Gakpo memberikan bola kepada Salah di sayap kanan. Pemain asal Mesir itu kemudian memberikan bola itu kembali pada Gakpo di kotak penalti. Dengan cerdik ia kemudian bisa menaklukkan David de Gea dari sudut sempit. 3-0!

Menit ke-58 peluang didapat Liverpool dari sepak pojok. Tandukan Konate hampir saja menjebol gawang MU namun bola meleset tipis ke sisi kiri gawang De Gea.

Man United coba memberikan perlawanan meski tertinggal 3-0. Namun api semangat mereka langsung dipadamkan oleh gol Salah pada menit ke-67. Liverpool melancarkan serangan balik dan setelah terjadi beberapa pantulan, bola mengarah pada pemain Mesir itu di ujung kotak penalti. Dengan kaki kanannya ia langsung melepas tembakan ke gawang. De Gea tak sanggup menghentikan laju bola tersebut. 4-0!

Menit ke-72 peluang didapat oleh MU. Rashford berhasil menerobos pertahanan Liverpool dan melewati Konate serta Alisson. Namun karena sudut tembakannya yang terlalu sempit bola cuma mengenai samping kanan gawang The Reds.

Menit ke-75, MU makin terbenam. Liverpool bisa mencetak gol kelimanya. Kali ini melalui Nunez lagi. Ia menanduk bola hasil umpan silang Henderson dari sisi kiri. 5-0!

Unggul lima gol membuat Liverpool tampil makin rileks dan percaya diri. Mereka akhirnya bisa mencetak gol keenam melalui Mohamed Salah. Ia memanfaatkan umpan dari Roberto Firmino.

Apakah Liverpool puas dengan enam gol? Ternyata tidak. Mereka masih menambah satu gol lagi pada menit ke-88 melalui Roberto Firmino, memanfaatkan umpan Salah. 7-0!

Gol tersebut menjadi gol terakhir yang tercipta di laga big match ini. Sejarah pun tercipta. Liverpool 7-0 Manchester United!

Susunan Pemain

Liverpool (4-3-3): Alisson; Trent Alexander-Arnold, Virgil van Dijk, Ibrahima Konate, Andrew Robertson; Jordan Henderson, Fabinho, Harvey Elliott; Mohamed Salah, Cody Gakpo, Darwin Nunez.

Pelatih: Jurgen Klopp

Manchester United (4-2-3-1): David de Gea; Diogo Dalot, Raphael Varane, Lisandro Martinez, Luke Shaw; Fred, Casemiro; Antony, Bruno Fernandes, Marcus Rashford; Wout Weghorst.

Pelatih: Erik Ten Hag

sumber : warta21.com, dan beberapa sumber.

Baca Juga: Persis Solo di Comebacak PSM Makassar!

By rvd

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *