Tagarsurabaya.com – Harga emas batangan di PT Pegadaian kompak turun pada perdagangan hari ini, Minggu (4/6/2023).

Pegadaian sendiri menjual berbagai jenis emas, yaitu emas Antam, Antam Retro, Antam Batik, dan UBS. Ukurannya pun dijual beragam, mulai dari 0,5 gram hingga 1.000 gram.

Harga emas Antam per 1 gram turun Rp8000 menjadi Rp1.084.000, harga emas Antam Retro per 1 gram turun Rp15.000 menjadi Rp1.041.000 dan harga emas UBS per 1 gram turun Rp12.000 menjadi Rp1.039.000.

Penurunan harga emas pegadaian efek dari penurunan harga emas dunia (XAU) pada perdagangan terakhir di hari Jumat (2/6/2023) yang turun 1,53% di level US$1947,63 per troy ons.

Penurunan harga emas efek selesainya masalah pagu utang Amerika Serikat (AS) yang sudah disepakati. Emas bereaksi terhadap pengesahan Senat untuk kesepakatan pagu utang yang hanya membutuhkan tanda tangan Presiden Joe Biden selanjutnya.

Presiden Joe Biden pada hari Sabtu menandatangani undang-undang yang menangguhkan pagu utang pemerintah Amerika Serikat (AS) sebesar US$31,4 triliun, untuk mencegah gagal bayar pertama kali hanya dengan dua hari tersisa.

Dewan Perwakilan Rakyat dan Senat mengesahkan undang-undang tersebut minggu ini setelah Biden dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Kevin McCarthy mencapai kesepakatan setelah negosiasi yang menegangkan.

Departemen Keuangan telah memperingatkan bahwa mereka tidak akan dapat membayar semua tagihannya pada hari Senin jika Kongres gagal bertindak saat itu.

Biden menandatangani RUU itu di Gedung Putih sehari setelah memujinya sebagai kemenangan bipartisan dalam pidato Oval Office pertamanya kepada negara sebagai presiden.

Penandatanganan RUU, yang tertutup untuk pers, menandai akhir yang sederhana dan simbolis dari krisis yang membuat marah Washington selama berbulan-bulan, memaksa Biden untuk mempersingkat perjalanan internasional di Asia dan mengancam akan mendorong Amerika Serikat ke jurang krisis, krisis ekonomi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

“Terima kasih kepada Pembicara McCarthy, Pemimpin Jeffries, Pemimpin Schumer, dan Pemimpin McConnell atas kemitraan mereka,” ucap Gedung Putih dalam sebuah pernyataan yang mengumumkan penandatanganan RUU tersebut, yang menyebutkan para pemimpin DPR dan Senat dari Partai Demokrat dan Republik.

Pejabat kemudian merilis klip sepuluh detik dari Biden yang diam-diam menandatangani dokumen di Gedung Putih.

“Sangat penting untuk mencapai kesepakatan, dan ini adalah berita yang sangat baik bagi rakyat Amerika,” ucap Biden pada hari Jumat. “Tidak semua yang diinginkan dapat didapatkan, tetapi rakyat Amerika mendapatkan apa yang mereka butuhkan.”

DPR yang dikuasai Republik memberikan suara 314 banding 117 untuk menyetujui RUU itu, dan Senat yang dikuasai Demokrat memberikan suara 63 banding 36.

Fitch Ratings mengatakan pada hari Jumat bahwa peringkat kredit “AAA” Amerika Serikat akan tetap dalam pengawasan negatif, meskipun ada kesepakatan yang akan memungkinkan pemerintah untuk memenuhi kewajibannya.

Sumber : cnbcindonesia.com

Baca Juga : Korban Kecelakaan Kereta api Di india : Ada Suara Ledakan, Lalu Semua Gelap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *