Tagarsuabaya.com – Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi hadir di tengah warga dalam acara sedekah bumi di petilasan Mbah Goemok (Mbah Toekinah/Mbah Dhukinah) di Petemon RW 10, Kelurahan Petemon, Surabaya, Minggu (4/6). Wali Kota Eri hadir dengan didampingi Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Surabaya Rini Indriyani Eri Cahyadi.

Sedekah bumi yang digelar sejak kemarin itu diisi dengan sejumlah acara. Mulai dari yasinan, tahlilan, hingga khataman. Mulai pagi hingga siang digelar sedekah bumi. Hampir semua warga di kampung itu menyaksikan dan mengikuti sedekah bumi tersebut, apalagi kali ini didatangi Wali Kota Surabaya.

Wali Kota Eri Cahyadi mengapresiasi acara sedekah bumi yang digelar warga Kelurahan Petemon. Sedekah bumi menjadi momen yang tepat untuk meningkatkan kebersamaan dan kegotongroyongan warga.

”Saya senang melihat guyub-rukune (guyup-rukunnya) warga melalui kegiatan sedekah bumi. Kemarin sudah ada beberapa acara yang digelar dan hari ini (4/6) acara sedekah bumi,” kata Eri.

Dia menilai, sedekah bumi merupakan implementasi penghormatan untuk para pendahulu bangsa. Dia senang karena di Kota Surabaya masih ada warga yang terus melestarikannya.

”Sebuah bangsa dan warga yang baik itu yang bisa menghormati dan meneruskan jejak perjuangan pendahulu,” ujar Eri.

Eri juga memuji kegotongroyongan yang ditunjukkan warga. menurut dia, warga di kampung tersebut adalah orang-orang hebat yang mencintai adat budaya para pendahulu bangsa.

Njenengan (Anda) adalah orang-orang hebat yang meneruskan budaya, yang menjadi kebanggaan arek-arek Suroboyo. Tolong dijaga, jangan sampai budaya ini berhenti. Karena inilah yang menunjukkan budaya arek Suroboyo,” papar Eri.

Sementara itu, Ketua Panitia Sedekah Bumi Ferry Dwi Setiawan mengucapkan terima kasih kepada Wali Kota Eri Cahyadi yang telah hadir pada acara tersebut. Suatu kehormatan bagi warga kampung karena dihadiri orang nomor 1 di Kota Surabaya.

”Ini baru pertama sedekah bumi di kampung kami dihadiri Wali Kota Surabaya. Kami sangat senang dan bangga bisa dihadiri Pak Wali. Terima kasih banyak,” kata Ferry.

Dia menjelaskan, sedekah bumi rutin digelar di kampungnya setiap tahun. ”Jadi, kita merasa diperhatikan oleh Pak Wali, tentu ini menambah semangat dan motivasi kami sebagai panitia. Sekali lagi terima kasih Pak Wali,” ucap Ferry Dwi Setiawan.

Sumber : jawapos.com

Baca Juga : Masjid Stikosa AWS dan RPH Surabaya Gelar Pelatihan Juleha

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *