Tagarsurabaya.com – Perubahan iklim yang terjadi secara terus menerus di berbagai belahan dunia terasa semakin nyata. Salah satu dampak perubahan iklim adalah musim kemarau berkepanjangan yang saat ini tengah melanda wilayah Indonesia.

Menyadari keadaan yang mendesak ini, untuk menjaga kesejahteraan bumi beserta isinya, Samsung mengklaim turut andil dengan menghadirkan produk yang lebih ramah lingkungan, yang menggabungkan pemanfaatan limbah daur ulang dan material baru. Inovasi ini dibuktikan pada perangkat Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5.

“Dengan memiliki Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 kami membuat penggunanya sebagai trendsetter yang memaksimalkan teknologi terbaik sekaligus mengadopsi gaya hidup yang lebih sadar lingkungan karena foldable terbaru Samsung hadir dengan 15 komponen dengan materi daur ulang, yang artinya tiga kali lipat lebih sadar lingkungan dibandingan seri sebelumnyaditambah lagi dengan kemampuan upgrade OS hingga 4 kali,” ujar Verry Octavianus, MX Product Marketing Senior Manager Samsung Electronics Indonesia di Jakarta.

Penggunaan material daur ulang sejatinya telah diterapkan Samsung sejak perangkat Galaxy S22 Series, begitu juga pada Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4. Melanjutkan komitmen untuk menghadirkan produk yang sadar lingkungan, Samsung di awal tahun 2023 menghadirkan material daur ulang yang lebih beragam pada Galaxy S23 Series.

Dibandingkan dengan generasi sebelumnya, Galaxy Z Fold5 dan Z Flip5 kini hadir dengan material daur ulang yang lebih beragam di lebih banyak komponen internal maupun eksternal. Bila Galaxy Z Fold 4 dan Z Flip 4 menggunakan 6 komponen dari material daur ulang, maka Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 menggunakan 15 komponen.

Kedua perangkat ini pun sudah menggunakan aluminium daur ulang dari tahap pra-konsumen dan plastik daur ulang yang diperoleh dari berbagai sumber, seperti jaring ikan, wadah air, dan botol PET yang tak terpakai.

Di samping menambahkan lebih banyak jenis bahan daur ulang yang digunakan di setiap perangkat, Samsung juga menggandakan jumlah komponen perangkat, salah satunya adalah penggunaan 10 persen plastik daur ulang pasca-konsumen.

Adapun material plastik daur ulang ini berasal dari tong air bekas dan diaplikasikan ke sejumlah komponen, seperti tombol volume, SIM tray, modul speaker, hingga casingdepan. Selain plastik, Samsung turut meningkatkan penggunaan material kaca pada Corning Gorilla Glass Victus® 2 dengan kandungan rata-rata 22% kaca daur ulang pra-konsumen.

Selain itu, sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan plastik sekali pakai, Samsung menggunakan kertas daur ulang 100% pada kotak kemasan. Dengan demikian, pengguna bisa merasakan pengalaman menggunakan smartphone canggih, sambil tetap menjaga kelestarian lingkungan.

Kemudian, upaya Samsung dalam menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya dari penggunaan material yang sadar lingkungan. Samsung turut melakukan upaya untuk membentuk perilaku penggunaan smartphone yang berkelanjutan.

Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi limbah elektronik yang setiap tahunnya semakin menumpuk. Oleh karenanya, Samsung mengoptimalkan Galaxy Z Fold 5 dan Z Flip 5 dengan masa pakai yang lebih panjang dengan meningkatkan kemampuan upgrade perangkat hingga 4 kali.

Sumber : jawapos.com

Baca Juga : Caviar Rilis Seri iPhone 15 Pro Edisi Sultan Berlapis Emas 18 Karat, Harganya Bukan untuk Kaum Mendang-Mending

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *