NASA mengumumkan pada Senin (18 Desember) bahwa mereka menggunakan sistem komunikasi laser canggih untuk mengirimkan video kucing beresolusi tinggi ke pesawat luar angkasa yang berjarak 31 juta kilometer dari Bumi.

baca juga : Surabaya Nonton Film – Wonka

Meow-vie berdurasi 15 detik dan menampilkan kucing oranye bernama Taters.Ini adalah transmisi video pertama dari luar angkasa dan menunjukkan kemampuan untuk mengirimkan komunikasi dengan kecepatan data lebih tinggi yang diperlukan untuk mendukung misi kompleks seperti pengiriman manusia ke Mars.

baca juga : Profil Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba yang Kena OTT KPK

Video ini dikirim ke Bumi menggunakan transceiver laser pesawat ruang angkasa Psyche saat pesawat ruang angkasa tersebut melakukan perjalanan ke sabuk asteroid utama antara Mars dan Jupiter, mencari objek misterius kaya logam.

Saat video itu ditransmisikan, pesawat luar angkasa itu berada 80 kali jarak antara Bumi dan Bulan.Sinyal inframerah-dekat yang dikodekan diterima oleh teleskop Hale di Observatorium Palomar Institut Teknologi California di San Diego County. Dari sana, video tersebut dikirim ke Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA di California Selatan, dikutip VOA Indonesia, Selasa (19 Desember 2023).”Salah satu tujuan kami adalah mendemonstrasikan kemampuan untuk mengirimkan video broadband sejauh jutaan kilometer.

Tertarik baca berita lainya,kunjungi kami di googlenews 

Psyche tidak memiliki kemampuan apa pun untuk menghasilkan data video, jadi kami biasanya menggunakan pengujian yang dibuat secara acak. Psyche mengirimkan paket data,” kata Bill Klipstein, Manajer proyek demonstrasi teknologi JPL.Misi luar angkasa menggunakan gelombang radio untuk mengirim dan menerima data.Namun, laser dapat meningkatkan kecepatan data sebanyak 10 hingga 100 kali lipat.

sumber : liputan6.com

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *